๐Ÿ“š ู…َู†ْ ุชَุฃَุฏَّุจَ ุชَุฌَู†َّุจَ๐Ÿ“š


๐Ÿ“ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…๐Ÿ“

๐Ÿ“š ู…َู†ْ ุชَุฃَุฏَّุจَ ุชَุฌَู†َّุจَ๐Ÿ“š

"barangsiapa yang telah beradab maka dia harus menjahui (hal-hal yang tidak berguna baginya)"

๐Ÿ— penjelasan๐Ÿ—

๐Ÿ“– Dalam kehidupan kita sehari-hari, seorang yang yang beradab/berilmu itu adalah seorang yang banyak meninggalkan yang sesuatu yang tidak berguna terlebih yang haram baginya, dan menjaga muru'ahnya . Inilah keistimewaan seorang yang beradab dan berakhlak. Oleh karena itu Allah Ta'ala berfirman:

๐Ÿ“• ูˆَุงَู…َّุง ู…َู†ْ ุฎَุงูَ ู…َู‚َุงู…َ ุฑَุจِّู‡ٖ ูˆَ ู†َู‡َู‰ ุงู„ู†َّูْุณَ ุนَู†ِ ุงู„ْู‡َูˆٰู‰

"Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari (keinginan) hawa nafsunya,"

Dan hadits Nabi shallallahu alaihi wasallam:

๐Ÿ“’ ุนَู†ْ ุฃَุจِู‰ ู‡ُุฑَูŠْุฑَุฉَ ู‚َุงู„َ ู‚َุงู„َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- « ุงู„ุฏُّู†ْูŠَุง ุณِุฌْู†ُ ุงู„ْู…ُุคْู…ِู†ِ ูˆَุฌَู†َّุฉُ ุงู„ْูƒَุงูِุฑِ »

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Dunia adalah penjara bagi orang beriman dan surga bagi orang kafir.” (HR. Muslim no. 2392)

๐Ÿ–ŠDua dalil diatas menunjukan kepada kita bahwa seorang mukmin yang beradab kepada Tuhannya adalah seorang yang menjahui/menahan segala yang dilarang oleh Tuhannya, karena dunia ini adalah penjara baginya.
Kemudian orang yang terbaik dari orang-orang mukmin adalah para penuntut ilmu yang menjaga muru'ahnya, yang terkadang menjadikan mereka tidak pantas untuk melakukan apa-apa yang banyak dilakukan oleh kebanyakan orang umum seperti duduk dijalan, memakai pakaian yang  bergambar kartun, punk dll. Allahu 'alam๐Ÿ–Š

✏ Marwan mas'ud✏







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal huruf waw (ูˆَ) dan fungsinya dalam bahasa arab.๐Ÿ“š

๐Ÿ“š Mengenal huruf ba' (ุจَ) dan fungsinya dalam bahasa arab ๐Ÿ“š

Anak Keturunan Nabi Nuh 'alaihisalaam