๐Ÿ’  Mengenal shigoh mubalghoh dengan wazan ูَุนَّุงู„ٌ

*PENA FOKUS*๐Ÿ–Š
(Forum Kajian Ilmu Hadits || STDIIS)

๐Ÿ“š Faidah _Lughowiyyah_ dalam Hadits ๐Ÿ“š

๐Ÿ’  Mengenal shigoh mubalghoh dengan wazan ูَุนَّุงู„ٌ

✴ Shighoh mubalaghoh merupakan sifat dalam bahasa arab yang menunjukan penekanan dan tambahan. Penekanan tersebut berupa:

1⃣ Mensifati Banyaknya perbuatan yang dilakukan (kuantitas) dan ini yang paling banyak.

2⃣ Mensifati Besarnya kualitas perbuatan yang dilakukan.

3⃣ Atau mencakup dua nomor diatas sekaligus.

Misalnya ูƒَุงุฐِุจً atau berdusta, shigoh mubalaghohnya ูƒَุฐَّุงุจٌ, jika kita mensifati seorang ูƒَุฐَّุงุจٌ  berarti yang disifati memiliki sifat  sering berdusta atau berdusta pada tempat yang tinggi dan mulia seperti Hadits Nabi shallallahu alaihi wasallam walau hanya sekali.
Adapun dalam hadits Nabi, terdapat pula shigoh tersebut :

๐Ÿ‘‰ Berdasarkan banyaknya perbuatan yang dilakukan. Dalam hadits yang diriwayatkan dalam sunan Ibnu Majah nomor 4251 :

ู‚ุงู„ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… : "ูƒُู„ُّ ุจَู†ِูŠ ุขุฏَู…َ *ุฎَุทَّุงุกٌ* ูˆَุฎَูŠْุฑُ ุงู„ْุฎَุทَّุงุฆِูŠู†َ ุงู„ุชَّูˆَّุงุจُูˆู†َ". (ุงุฎุฑุฌู‡ ุงุจู† ู…ุงุฌู‡)

Kata " ุฎَุทَّุงุกٌ" merupakan shigoh mubalghoh dari ุฎَุทَุฃَ،ุฎุงุทุฆٌ atau melakukan kesalahan, Nabi shallallahu alaihi wasallam mensifati manusia sebagai ุฎَุทَّุงุกٌ karena seringnya manusia dalam melakukan kesalahan

๐Ÿ‘‰ Berdasarkan kualitas perbuatan yang dilakukan*
Dalam hadits mu'adz yang diriwayatkan dalam shahih Muslim nomor 465 , ketika beliau mengimami sholat isya' dengan surat yang panjang sehingga membuat makmum lari lalu nabi shallallahu alaihi wasallam menegurnya:

ูَู‚َุงู„َ ู„َู‡ُ ุงู„ู†َّุจِู‰ُّ -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- « ุฃَุชُุฑِูŠุฏُ ุฃَู†ْ ุชَูƒُูˆู†َ *ูَุชَّุงู†ًุง* ูŠَุง ู…ُุนَุงุฐُ ุฅِุฐَุง ุฃَู…َู…ْุชَ ุงู„ู†َّุงุณَ ูَุงู‚ْุฑَุฃْ ุจِุงู„ุดَّู…ْุณِ ูˆَุถُุญَุงู‡َุง. ูˆَุณَุจِّุญِ ุงุณْู…َ ุฑَุจِّูƒَ ุงู„ุฃَุนْู„َู‰. ูˆَุงู‚ْุฑَุฃْ ุจِุงุณْู…ِ ุฑَุจِّูƒَ. ูˆَุงู„ู„َّูŠْู„ِ ุฅِุฐَุง ูŠَุบْุดَู‰ »(ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู…)

Kata "ูَุชَّุงู†ุงً" adalah shigoh mubalghoh dari، ูุชู† atau "pembuat fitnah", penggunaan kata  "ูَุชَّุงู†ุงً"  oleh nabi shallallahu alaihi wasallam bukan menggambarkan kuantitas (banyak) nya perbuatan tsb, melainkan karena besarnya akibat dari perbuatan shahabat mulia itu yaitu keengganan manusia untuk sholat di Masjid berjama'ah.

๐Ÿ‘‰ mencakup banyak dan kualitas perbuatannya sekaligus. Dalam hadits tentang dajjal yang diriwayatkan dalam shahih muslim nomor 2946 :

ู‚ุงู„ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…: " ู…َุง ุจَูŠْู†َ ุฎَู„ْู‚ِ ุขุฏَู…َ ุฅِู„َู‰ ู‚ِูŠَุงู…ِ ุงู„ุณَّุงุนَุฉِ ุฎَู„ْู‚ٌ ุฃَูƒْุจَุฑُ ู…ِู†َ ุงู„ุฏَّุฌَّุงู„ِ". (ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู…)

Kata "ุฏَุฌَّุงู„ٌ" adalah shigoh mubalaghoh yang berarti pendusta, kata tersebut mencakup besarnya kedustaan yang dilakukan dajjal yaitu mengaku sebagai tuhan dan mencakup banyaknya dusta dan fitnah yang dilakukannya.

Semoga bermanfaat.

✍ Marwan Mas'ud
๐Ÿ”Ž ustadz. Ahmad Huseini, Lc.
_

๐Ÿ‘ Facebook fanpage :
http://facebook.com/FOKUS-STDIIS-635611489815770/

๐Ÿ“ท Instagram :
https://www.instagram.com/fokus_stdiis/

✉ Channel Telegram
https://t.me/fokus_stdiis

Komentar

  1. Syukron akhi.
    jazakumullaah khoeron kastiro.
    mohon dilanjut ke pengertian kalimah2 huruf yg lainnya.

    wassalaamualaikum wr. wb.

    BalasHapus
  2. Kalau ู‚َูˆَّุงู…ُูˆْู†َ ?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal huruf waw (ูˆَ) dan fungsinya dalam bahasa arab.๐Ÿ“š

๐Ÿ“š Mengenal huruf ba' (ุจَ) dan fungsinya dalam bahasa arab ๐Ÿ“š

Anak Keturunan Nabi Nuh 'alaihisalaam